24 September 2016

Home » , » Lika Liku Anak Kos

Lika Liku Anak Kos



Sudah 2 tahun lebih gue menjadi anak kos. Ya, murni anak kos. Yaitu seseorang yang menyewa kamar untuk tempat tinggal sementara. Kalau jaman kuliah dulu gue ngontrak rumah bersama temen gue jadi gue lebih menyebutnya anak kontrakan. #halah

Oke intro yang gak penting.

Gue memulai menjadi anak kos semenjak gue diterima bekerja di sebuah perusahaan di Banjarmasin. Sebenarnya jarak Banjarmasin dan kampung halaman orang tua gue lebih dekat dari tempat kuliah gue dulu di Banjarbaru. Kalo waktu kuliah dulu bisa mencapaoi 2 jam perjalanan naik motor, sekarang hanya sekitar 1 jam perjalanan saja. Yaa lebih deket separo perjalanan gitu lah.

Tapi tetep aja gempor kalo bolak balik gue tiap hari 1 jam naik motor. Bisa berubah posisi tulang belakang gue dari pinggang ke pantat.

Karena itulah gue memutuskan untuk mengkos saja demi kemaslahatan posisi-posisi tulang belakang gue. Dan karena lebih deket dengan kampung halaman, gue bisa pulang tiap minggu atau 2-3 kali sebulan.

Yang namanya anak kos itu harus bisa survival. Terutama hal yang paling utama adalah survival dalam soal finansial. 


Jujur aja selama ngekos gue jarang masak sendiri. Paling banter masak mie rebus atau masak air buat dibuat popmie  : ))) . Karena gue malas sarapan nasi (biasanya gue makan sereal atau bubur ayam), trus makan siang di kantor, makan malam maunya yang enak-enak jadi makan di luar. Alhasil 3x sehari makan gue hampir beli di luar terus.

Gue anggarkan dalam sehari itu maksimal gue belanja adalah 50rb, jadi sebulan bisa 1,5jt cuman buat gue makan. Trus gue ngekos 550rb. Jadi 2,05jt hanya untuk biaya hidup gue sebulan. Super sekali. Tipis sama gaji gue lah. Wkwk.

Tapi gue bener2 membuktikan di firman-Nya :
“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim [14]: 7)

Membuktikan gimana maksud lu Hud?
Gini....

Setiap hari gue tiap kerja melewati panti asuhan dan tempat pembuangan sampah. Dan Alhamdulillah Allah masih ngasih gue hidayah ke hati gue untuk terus bersyukur yaitu setiap gue ngelihat anak-anak di panti asuhan, gue bersyukur punya orangtua yang sayang sama gue dan selalu support pendidikan gue dan juga mendukung apapun yang gue lakukan. 

I think that is the best gift that God give to me.

Kemudian setiap gue ngelewat tempat pembuangan sampah, gue selalu ngeliat bapak-bapak,ibu-ibu, bahkan bocah-bocah ngais-ngais sampah di situ. Mencari barang-barang berharga di tengah sisa-sisa barang orang lain yang dianggap sudah tak berguna lagi. Gue bersyukur gak ditempatin Allah dalam posisi mereka. Bukan bermaksud merendahkan tukang sampah, namun gue gak bisa ngebayangin kalo misalnya tiap hari gue musti ngubek-ngubek sampah yang bau itu. Pasti gue gak bakal tahan. Thanks God you gave me this life.

Well, sebenarnya masih banyak yang mesti gue syukuri yang pasti bakal panjaaaaaaaang banget kalo dibikin post, tapi di sini gue highlight 2 hal tersebut karena mereka setiap hari gue lewatin.

Dan bener, Allah emang gak pernah ingkarin ayat-Nya. Dengan bersyukur entah kenapa gue selalu berkecukupan Alhamdulillah. Walaupun dengan gaji pas-pasan, gue bisa beli berbagai macam hal mulai dari headset xiaomi piston 2, power bank xiaomi,  kamera xiaomi yi+aksesoris, sepatu roda seharga 1,5jt, sepatu yang keren (beli di mall coy, gue kan gak pernah beli sepatu di moll :v ), nonton di bioskop (lebih sering ditraktir bos sih), bahkan gue sering gonta-ganti hape (walau seken sih, tapi paling nggak gak murahan lah, wkwk).

Well, bagi yang gak sanggup beli kyak gue pasti bilang “ah riya nih si Huda pamer-pamer barang2nya”. Dan bagi yang lebih kaya dari gue pasti bilang “ah si Huda baru beli gituan aja dah pamer kemana2”.

Bro and sis, gue tekankan di sini gue gak maksud riya atau pamer. Gue cuman mau nekanin kalo kita bersyukur dan ikhlas dalam menjalani kehidupan sehari-hari, pasti nikmat kita bakal dilipatgandakan kok. Tenaang, kan udah dijanjiin oleh-Nya di kitab-Nya. Asoy lah pokoknya.

Itu aja sih postingan kali ini, semoga memberi inspirasi kepada para pembaca sekalian. Dan maaf kalo beberapa postingan terakhir gak terlalu lucu lagi. Gue sering ngepost hal lucu di facebook gue dan gak bisa gue post di sini karena yang gue post berhubungan dengan orang di sekitar gue. Kalo dia baca bisa gaswat. Haha. Mungkin lain kali bakal gue bikin biar postnya lebih bisa “dibaca” secara umum. Ehehe

Oke sekian dari gue. Semoga buang air besar lu lancar.

0 komentar: