17 September 2016

Home » » Cara Gue Mengatasi Stress

Cara Gue Mengatasi Stress


Yang namanya kehidupan, sudah pasti ada yang namanya stress. Kecuali orang gila aja yang gak pernah stress.
Btw orang gila penyebab dia jadi gila awalnya kan biasanya karena stress yak. Jadi orang gila itu sebenarnya dia stress atau nggak sih. Kalo dibilang dia stress, dia seperti gak ada beban hidup atau lagi terkena stress. Tapi kalo dibilang nggak stress, dia kan awalnya jadi gila karena stress.

Lah ini kenapa malah ngomongin orang gila. Okeskip.

Jadi di postingan ini gue akan share kepada kamu-kamu pembaca setia martabakrebus (elah) bagaimana cara gue mengatasi stress sehari-hari. Sekalian sebagai reminder buat diri gue sendiri kalo gue nanti mengalami stress.

Gue akan urutkan mulai dari yang menurut gue paling ampuh dan paling sering gue lakuin hingga ke yang sedikit aneh namun pernah gue lakuin. Oke so lescekidot.!!
  1. TARIK/HEMBUSKAN NAFAS DALAM-DALAM

    Cara ini adalah cara paling simpel dan mudah dilakukan. Setiap manusia (yang hidup) pasti bernafas bukan. Nah sebenarnya dibalik nafas kita yang kita lakukan seumur hidup kita itu, jika kita bisa 'memainkan' nafas kita, akan ada kekuatan dan manfaat tersendiri. Salah satunya untuk mengatasi stress ini.
    Caranya adalah pertama-tama ambil posisi duduk, atau berbaring, atau posisikan tubuh rileks serileks mungkin. Lemaskan semua otot mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Kemudian pejamkan mata.
    Pelahan, tarik nafas dari hidung. Tarik perlahan dan sedalam-dalamnya sampe mentok (?). Nikmati prosesnya.
    Jika sudah mentok, tahan sebentar nafas di dada, sekitar 2-3 detik.Kemudian perlahan-lahan hembuskan lewat mulut. Nikmati prosesnya.
  2. MINUM AIR PUTIH DINGIN
    Cara ini biasa gue lakukan kalo kepala gue panas karena kebanyakan mikir dan mengakibatkan stress. Cara ini terbukti buat gue 'mendinginkan' otak yang terus-terusan bekerja dan membuat rileks.

  3. TIDUR

    Kalo lagi di kamar dan gue stress ngoding, daripada ngelanjutin kodingan yang kemungkinan stuck dan error lebih besar, biasanya gue lebih memilih untuk nurunin kasur, dan tidur sejenak. Terbukti, setelah tidur (kemudian mandi) pikiran gue langsung fresh kembali.
  4. KELILING GAK JELAS

    Gue biasanya kalo dalam keadaan mood berantakan atau sedang susah konsentrasi, gue langsung menaiki motor gue dan keliling jalanan gak jelas. Yah, cara ini memang butuh biaya bensin dan tidak ramah lingkungan. Namun bagi gue, daripada gue suntuk di kamar dan ngerasa sendirian, melihat lingkungan sekitar adalah salah satu solusi biar gak terlalu mumet pikiran dan siapa tau di jalan bisa dapat inspirasi.
  5. MENGHANCURKAN SESUATU ATAU NONJOK BANTAL
    Cara yang satu ini agak aneh memang. Tapi ini efektif bagi gue untuk mengeluarkan emosi, stress, dan keringat. Biasanya gue ngebayangin barang atau bantal itu adalah sesuatu yang bikin gue stress. Sehingga jika dia hancur atau kena tonjokan gue, gue ngerasa puas dan lega. Perlu diingat jika ingin melakukan hal ini, sebaiknya barang yang ingin dihancurkan itu sudah benar-benar tidak terpakai untuk menghindari penyesalan di kemudian hari.
Begitulah cara-cara gue yang biasa gue lakukan untuk menghilangkans tress. Gue gak jamin ini akan berfungsi ke kalian semua karena mungkin efeknya akan berbeda bagi tiap-tiap orang. Tapi gak ada salahnya kan kalo mau nyoba. Hehe.

Akhir kata, semoga yang baca ini buang air besarnya lancar.

Sumber gambar : google search.

0 komentar: