14 April 2016

Home » , , , » Smartphone Addict ?

Smartphone Addict ?

Jadi postingan ini dibuat pada saat gue lagi di kantor. Bagi Pak Bos atau atasan gue yang ngebaca mohon maaf karena ane lagi pusing ngoding jadi pikiran buntu. Bingung mo ngapain buat ngerefresh otak, pengen bikin kopi tapi perut lagi bermasalah, pengen beli cemilan tapi udah menjelang tanggal tua. Ehehe. 

Sudah sejak hari sabtu lalu hape cewek gue rusak (sekarang hari Kamis). Jadi kita gak bisa chatting2an dan kirim-kiriman foto lagi. Maklum kita elDeEr dengan jarak Banjarmasin-Banjarbaru. Gue kerja di Banjarmasin, dia kuliah di Banjarbaru (yakeles LDR cuman sejam perjalanan doang, wkwk). Sehingga tidak memungkinkan untuk ketemu tiap saat kita inginkan. Alhasil cuman dengan fasilitas chatting sajalah kita bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Namun cewek gue punya satu hape lagi yang bisa sms & telpon, jadi komunikasi kita hanya terbatas dengan sms & telpon. Berasa balik ke jaman SMA dulu. Hehe.

Malam itu di sela-sela obrolan di telpon, cewek gue nyeletuk
Entah kenapa kalo gak pegang hape (smartphone) hidup berasa lebih tenang gitu, biasanya kalo pegang hape selalu aja ada notifikasi yang bikin pusang (stress, red). Entah itu tugas kuliah, organisasi, dan lain-lain. Semenjak gak ada  hape, seperti gak ada yang ngejar-ngejar gitu.
Gue pun membalas celetukannya :
Tapi kamu malah jadi ketinggalan info. Soalnya kegiatan kuliah kamu kan di situ semua. Haha
Iya juga sih”.

sumber : http://findspicture.com/smartphone-addiction-app.html


Sejenak setelah telepon ditutup, gue mikir tentang apa yang dikatakan oleh cewek gue tadi. Jaman sekarang smartphone sudah menjadi hal yang wajib dimiliki setiap orang. Dimana setiap informasi bisa didapatkan melalui genggaman tangan dalam hitungan per sekian detik. Namun, terkadang jika kita tidak bijak untuk mengatasi berbagai informasi yang datang, ibarat gelas yang terus diisi air hingga meluber kemana-mana, informasi yang kita dapat bukannya membantu kita, justru membuat kita stress karena otak kita overload menampung informasi yang datang terus-menerus.

Btw, gue ngetik apa sih. Haha. Lanjuutt..

Gue pernah ngerasain hal tersebut, yaitu setiap gue pulang kampung halaman 2 minggu sekali. Sinyal internet di sana sungguh somplak sekali. Padahal jelas-jelas tulisan di hape gue menandakan huruf H (HSDPA) bahkan terkadang H+, tapi tetap saja kalau mau browsing atau bahkan buka facebook sekalipun loadingnya kyak nungguin kuliah dari semester 1 sampe wisuda.

Tapi bukannya gue stress, gue malah merasakan sedikit ketenangan, bukan, justru lebih banyak ketenangan yang gue rasa. Gue gak ngerasa dikejar-kejar harus buka notifikasi jejaring sosial gue (yang biasanya gue lakuin kalo internet hape gue normal), karena gue tau kalo internet di hape gue emang lagi gak bisa sama sekali. Setiap mau buka smartphone gue mikir “Ah gak ada yang dicek juga”. Sehingga gue bisa melakukan sesuatu yang lebih produktif, nonton tv misalnya (yeeeeeekeless).
Sumber : http://digitalsynopsis.com/buzz/smartphone-addiction-funny-sad-images/
 
Masih di pengalaman gue. Suatu hari gue pernah sengaja ngesilent hape gue. Saat itu hari libur dan gue pengen banget tidur siang. Jadi biar gak ada suara notif apapun, gue silent hape gue.
Dan parahnya gue lupa balikin profil hape gue ke normal lagi hingga keesokan paginya. Alhasil tumpukan notifikasi muncul di status bar hape gue.

Namun entah kenapa selama hape gue dimatikan itu gue ngerasa tenang banget. Gak ada perasaan yang ngejar-ngejar. Gak ada perasaan “Touch me master!!!” yang selalu terngiang-ngiang di otak karena si smartphone minta dibuka. FYI gue kalo tiap dengar notifikasi pasti selalu langsung gue buka entah kenapa, kalopun gak kebuka artinya gue lagi sibuk banget atau gue gak denger suara notifikasinya.

Begitulah, sebagai penutup, jaman telah berubah. Dulu keypad abc, sekarang keyboard sentuh qwerty, dulu nokia 3315, sekarang samsung galaxy note 5, dulu unyil, sekarang upin-ipin.
Namun perubahan teknologi jangan sampai membuat kita diperbudak oleh teknologi itu sendiri. Teknologi diciptakan untuk mempermudah manusia, jangan sampai teknologi membuat manusia menjadi ‘babu’ dunia maya. 

Akhir kata, semoga buang air besarnya lancar.

0 komentar: